Jumat, 22 November 2013

Kawah Ijen In Vacation

Perasaan baru kemaren masuk, tapi ternyata udah MID test aja.
     Cepet banget , engga kerasa. Dan, buat ngisi kegiatan di akhir MID test smester 3 ini, gw sama beberapa kawan gw yang notabenenya satu kelas, kami ngadain vacation yang masih satu region gitu di Jawa Timur-Indonesia.
Ini dia, ngopi di dermaga daerah Situbondo
       Kami mulai perjalanan dengan doa pasatinya , buat mohon izin sama sang Pencipta yang Esa, biar kami di lindungi dalam perjalanan yang bakal kami tempuh. Amin!
     Dengan modal sepeda motor yang kami punya, kami mulai perjalanan dari Kampus kami di Kota Malang jam 7 pagi.  Target pertama sih kami mau ke Pantai Pasir Putih yang ada di Situbondo, tapi ternyata berubah haluan jadi ke rumah kawan yang ada di Kota Situbondo. Makan mangga sepuasnya. Sampe malemnya kami ngopi-ngopi gitu di dermaga apa gitu namanya ya? (pokoknya masih di Situbondo lah).
Ini dia, tempat istirahat kami buat nyesuaiin suhu dingin
       Lanjut ke trip ke Kawah Ijen, Kami berangkat dari Situbondo sih jam 10-an malem usai kami ngopi di dermaga (sebenernya gw engga ngopi sih) cuma duduk-duduk aja, dengan terget kami sampe tengah malam di bawah dan lanjut tracking biar bisa liat sun rise dari atas Gunung Ijen plus Blue Fire (yang konon katanya cuma ada 2 di Dunia, and Indonesia have one of it guys). Dan bener, kami sampe Ijen jam 1-an kurang lah, istirahat sampe jam 1 terus tracking ke atas,
Dan ternyata track yang gw lewatin macam ini.
       Nah, sayangnya, berhubung gw jarang banget olahraga (asli jarang) al-hasil, Bengek_lah gw di perjalanan ke atas Ijen punya Kawah. Lama gw di tinggal kawan-kawan yang lainnya, tapi dengan modal dorongan semangat dari dua kawan gw yang baik banget nuntun gw and nyemangatin gw buat sampe di atas, akhirnya sampe juga gw di atas. Tapi herannya, setelah sampe atas gw nekat buat turun ke kawahnya (ntah kenapa?).
Macam ini kalo dilihat dari salah sati jalan yang gw lewatin.
       Dari atas, Blue Fire bisa gw liat sih, tapi cuma keliatan kecil gitu, dan pas gw sampe tengah buat menuju ke kawah, gw mutusin buat berenti.
Blue Fire yang harusnya bisa gw liat (gw ambil di google).
       Dari sini banyak pertimbangan yang gw pikirin, diantaranya, bau belerang yang asli nusuk banget dan bikin mual buat gw, Track yang menurut gw bakalan bikin gw drop kalo gw paksain, Waktu yang kayaknya gak bakal sempet buat ngejar Blue Fire yang jam setengah 5 udah gak keliatan , Banyak deh.
        Dalam keadaan macem ini jujur keputusan gw ababil men, dimana singkronisasi antara otak dan badan gw bener-bener ga punya kemauan yang sama.
       Badan gw udah bilang stop, tapi otak gw penasaran. Gw makan waktu 3 jam buat tracking ke atas, dan 1-1,5 jam buat turun. Kesalahan men kalo lo turun pake sepatu biasa, Pake sendal gunung or bahkan septu gunung aja lo bakalan sering kepleset (medannya pasir abis soalnya).
       Apalagi lo pale sendal biasa, kalo nyeker gw gak tau deh). Yang jelas gw kepleset ala freestyle gitu sebanyak 3-4 kali, sakitnya engga seberapa sih, MALU-nya itu lah yang bikin nyesek. (Kalo lo sempet meratiin bintang dari sini, lo bakalan liat bintang yang keren banget, bintangnya tu berasa deket banget ama lo, men. Asli parah kerennya).
Siapa yang nolak pemandangan macam ini?

Kepo nungguin Sun Rise
Morning Sky in Ijen Mountain
Kawah Ijen
Aminah Arifiati Sucipto
Narsis dikit
       Dan akhirnya gw balik ke atas nyusilin kawan-kawan. Sudah tu, biasa la, foto-foto sambil ngelepas capek, dan nikmatin dinginnya angin di Gunung Ijen, plus ngagumin betapa Awesomenya ciptaan Tuhan.
  Oia, hampir lupa. Sekedar intermezo aja ni ya. Dengan tiket masuk yang gak sampe 5000 IDR per orang. Lo bisa sepuasnya naik turun kawah ijen kalo lo mau, tapi inget men, jangan lupa tata dan krama kebersihan dan sopan santun sama alam ciptaan-Nya.
       Salah-salah ntar lo kenapa-napa lagi (soalnya di tengah jalan sering gw liat ada sampah yang nyecer gitu, padahal ada tempat sampah di beberapa titik jalur tracking).
       Saran dari gw. lo kalo tracking malem sampe dini hari, mending lo bawa air mineral yang kira-kira beneran cukup buat lo deh ya. kantin di atas bukanya agak siang soalnya.
    Dan lo pasti nemuin banyak bapak-bapak yang ngambilin belerang gitu, orangnya ramah-ramah guys. Asli ramah, malah kadang mereka becandaan gitu.
       Kira-kira jam 7-an kami mutusin buat turun and istirahat di bawah. Pas perjalanan turun, banyak hal yang bikin gw kaget, dimana ternyata track yang gw lewatin semalem tu ternyata lumayan panjeng (menurut gw), dan gw baru sadar pas turun (soalnya langit udah terang men).
       Lepas kami dari Ijen, kami balik lagi ke rumah kawan kami buat istirahat dan mulihin energi buat next destination kami "Taman Nasional Baluran - Pantai Bama".

Lo bisa beli oleh-oleh macem ini di sini, dan jangan kaget sama harganya yang so cheap guys.

Pemandangan yang bisa lo liat pas turun dari atas (iya lah, namanya turun ya dari atas)

Recomended banget buat lo yang selelu kagum akan Ciptaan Tuhan yang gak akan pernah ada abisnya. (Kawah Ijen-Gunung Ijen, 8-9 November 2013).