Rabu, 04 Februari 2015

Semarang, Spent 80 IDR In my Vacation

Tugu Muda Semarang
       Halo Semarang, kalo denger kata Semarang, yang ada di otak gue pertama kali adalah lagu "Semarang Kaline Banjer, naananana~ :D" Yap, entah kenapa kali semarang terngiang banget di kuping gue men. Kenapa kali ini gue cerita tentang semarang? Karena liburan kali ini gue ke Pemalang men, nah berhubung ngelewatin Semarang, muncul lah niatan gue buat muter-muter ni Kota, meskipun kagak berhasil sih kalo kata gue. -_- 
Panasnya Semarang tu bikin greget men, Panas Ganas!
      Dua kali mampir di semarang, gue mutusin buat liat Bangunan sejarah yang udah mainstream men, yas. Lawang Sewu, entah kenapa gue penasaran banget ama ni tempat. Berangkat dengan diantar mama Amelia Farida terkece dan sang mama beneran, Tante Ani yang paling the best, gue cus jam 6.00 dari Stasiun Surabaya Pasar Turi, gue mulai perjalanan solo gue ke Semarang, gak lama men, jam 10 gue udah sampe Semarang, dan kereta ke Stasiun Pemalang jam 13.00 WIB, gue punya waktu buat ke Lawangsewu, sebentar, dan karena panas, gue naik becak, wkwk 10K aja dari Stasiun Poncol ke Lawng sewu men, Mayan kaga capek jalan kepanasan -_-. :D
       Kalo baca Judulnya maksa banget ya, masak sih cuma abis 80K doang, iya lah men, kan emang itungannya gue transit gitu dari Sbaya-Semarang-Pemalang . Lanjut ke cerita. Engga sempet masuk saat pertama kali ke lawang sewu karena waktu gue lanjut cus ke St. Poncol buat lanjutin Perjalanan gue ke Pemalang -------
Hari pertama cuma bisa kagumm dari luar :D --"
Ada cerita disini bro, dimana gue belagu buat mutusin jalan kaki berpanas-panas ria, berala Backpacker gitu, dan setelah jalan lumayan lama gue ngerasa mutusin buat naik becak aja  (mikirnya sih buat ngilangin kringet kena angin dari naik becak, biar yang duduk di samping gue ntar di kereta kaga kebauan) ya udah deh, naik becak lah gue nawar 5K ke bapak becak gue naik ke St Poncol men (ngerasa bangga dapet murah naik becak). TAPI ternyata, itu stasuin jaraknya kaga nyampe 100meter di depat mata gue, -___- cuma ketutup pengkolan lampu merah doang men -_- ngerasa geli, bego ama ketipu gue, wkwk :D -_-
       
Lawang sewu keliatan lebih cantik kalo lampunya udah pada nyala gitu men.
ini denah lokasi udah lumayan lengkap bro, lu baca aja ni denah,
 udah deh kaga udah masuk wkwk bercanda
        Sesi kedua di Semarang dimana perjalanan balik gue dari Pemalang ----------. Gue punya cukup banyak waktu buat main-main santai di Semarang, yap Sendirian men, -__- Jomblonya keliatan banget dah -_- :D nope men. jam 13.00 WIB berangkat dari St Pemalang, gue sampe di Semarang St Poncol 15.00 WIB dan punya waktu sampai jam 21.55 WIB. kereta gue menuju Malang berangkat dari St. Poncol juga. 

       Tanpa mikir lama, gue langsung cus ke Lawang sewu jalan kaki :D kali ini gue mutusin jalan kaki, engga makan waktu 20 menit lo udah sampe kok men, deket ini, 1,5 Km-an lah. Dan sampe di sini, lo bisa rehat di depan lawang sewu men, di Tugu Muda, free kok. Menjelang sore Gue mutusin buat masuk ke lawang sewu, cukup 10K aja lo udah bisa masuk ke dalam lawang sewu men, dan kalo lo mau minta bantuan Guide di sana, lo cukup ngerogoh isi kantong 30K, (yas, gue minta bantuan bapak guide disini, selain gue pengen tau cerita dari sang bapak, gue serem kalik men kalo suruh masuk kesini sendirian, Saolnye gue masuk pas magrib men -_- ya kalik cewe sendirian, magrib di lawang sewu -_- hiiii. :D ahaha #parnoabis
        Yang kiri bagus bangunannya, siapa sangka itu toilet -_- yap poto di toilet men, anti mainstream. -_- . Nah men, jadi di Lawang sewu ini semua bangunannya masih asli dari sononye, kalo pun ada yang di ganti palingan kaga nyampe 5% deh, cuma cat aja ada pembaruan *renovasi gitu, Kalo gue sih dasarnya suka ama bangunan tua jadi ya salut-salut gitu, gataudeh kalo kalian :)
       Cuma bisa bilang waw sama subhanallah pas masuk ke bangunan ini, baru masuk, azan magrib udah kedengeran, nah lo, makin greget aja ni tempat. 
Selain tau cerita lawang sewu dari sang bapak guide, lo juga bisa di potoin men ama tu bapak, mayan kan buat yang jelan sendirian macam gue gini -_- hiks ahaha
       Engga ngitung sih berapa jumlah pintu yang ada di sini, tapi yang jelas ada banyak, jadi ya wajarlah kalo namanya Lawang Sewu. BTW kalian pasti udah tau kan sejarah bangunan ini, soalnya gue kagak cerita dari awal men, tau-tau cerita gimana gue di lawang sewu aja nih -_- #maapegois :D. Iya men, sekilas, Bangunan ini dulunya Kantor Pusat Perkertaapian pas jaman Belanda, dan pas Jepang masuk, bangunan ini direbut dan dipake buat Benteng pertanahan juga sebagai tempat pembantaian para pejuang yang memberontak Jepang men *gue tau dari cerita si bapak, tau deh si bapak dari siapa*. Nah dulunya bangunan ini tu luas, tapi semakin sempit kemakan jaman, dipake buat jalan raya lah, mall, bank, dll deh. Lokasi lawang sewu itu sebenernya di bukit men, yas bukit **** apaaaa~ gitu gue lupa -_- #payah. tapi di rendahin sama parapembangunnya,
Ini lantai3 Ruang penyimpanan, disini ni, ni tempat greget banget
       Kaga ada abisnya deh kalo cerita ni lokasi, banyak banget yang gue tanya ke itu bapak, kejawab semua lagi, hebat tu bapak ya. :D Sampe di gedung C men, ke lawang sewu kurang greget kalo engga cerita pengalaman mistis, Percaya gak percaya sih, pas gue kesini ni bangunan masih di renovasi. dan satu gedung ini lampunye di copotin, alhasil gelep deh, -_-. 
       Ya men, gue yang gak percaya ama hal begituan aja sempet dibikin merinding pas masuk ke lantai 3 ruang penyimpanan *pas jaman kantor* sama pas ada di depan ruang bawah tanah (kaga boleh masuk pas itu, soalnya lagi di renov -_- hiks). ya percaya gak percaya sih gue. tau dekalo kalian masuk men. Tapi gue saranin kesininya pas udah selesai renov, jadi bisa masuk ke semua tempat #sarangue
nah, see men, hari dimana gue cuma bisa lihat dari luar dan masuk ke dalam, awesome inside bro. 
ini ni marka bangunan lawang sewu, #respect buat pejuang
       Dari lawang sewu, gue budal ke simpang lima. Sampe di sini, tujuan utama Masjid Baiturrrahman men. Gue naik angkutan 4K, sebernya bayar 3K aja, tapi si bapak kaga ada kembalian -_- hiks. ahaha, Abis dari masjid, gue penasaran ada apa sih di simpang lima, kok tenar amat ni tempat. tapi ternyata kaga ada yang bisa di tanya men, dan disini cuma ada sepeda buat muterin lapangan simpang lima gitu. apa cuma gue aja yang gak tau spesialnya ni tempat yak -_- huhu.
       Tapi di deket sini ada banyak tempat buat wisata kuliner men, nah cocok, Perut laper, waktu masih ada, alhasih wisata kuliner deh gue disini. Tadi di kereta sempet ngobrol ama bapak-bapak and mas-mas yang kuliah disini, nah diksaih saran deh, kiliner apa yang kudu gue pesen. dan pesen lah gue makanan Nasigoreng,. wkwk. Nasi rames, dan soto apa ya itu -_- banyak kan pesenya, "masing-masing setengah ya buk" wkwk. minumnya air mineral bro, sehat :D . kaga abis 40 lo makan itu makanan, dan rasanya jangan di tanya men, cocok dilidah, pas dikantong :D #gaya men.
selamat sore kota Atlas, Semarang :)
       Lumayan lama di sini, liat jam, eh ternyata udah hampir jam 21.00 WIB. ya udah deh langsung balik ke Stasiun, *bayar dulu tapi men. Naik angkutan 08 ke arah lawang sewu lagi 3K dan jalan lagi dari lawang sewu ke stasuin, sampe stasuin langsung boarding men. Kenapa, karena mumpung masih sepi, gue mau manfaatin sarana umum buat mandi wkwk. lengket ni badan men. yang gue suka dari stasuin ini men, bersih! udah itu doang :D
see guys, its so beauty in the night.
Malem yang kece, di kota yang kece, dan merasa kece karena jalan dewe -_- ahaha. *bahagia dewe
       Beneran abisnya cuma 80 Ribu kan men di Semarang, kurang dikit malah. mungkin bisa lebih murah kalo lo pure jalan kaki men. Well saatnya balik ke Malang dan menikmati liburan yang masih ada. Sambil berWas-was ria nungguin IPK -__- #deritamahasiswa.
        Mungkin banyak yang beum gue tau dari Lawang sewu, mungkin cuma lawang sewu yang bisa gue kunjungin, dan mungkin ini masih belum seberapa dibanding perjalanan lorang men, tapi ini gak menutup kemungkinan kan, kalo suatu saat nanti gue bakal balik kesini dan punya cerit yang lebih seru dan lebih banyak di banyak tempat di Semarang, See ya Semarang, you're awesome.
       Dedicated buat lo yang suka sam acerita sejarah, bangunan sejarah, dan salut sama para pejuang. Semarang, 30 Januari 2015. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar