Rabu, 09 April 2014

Misi Pulang Kampung Malang-Jogja-Lampung In Vacation



         Kenapa ditulisnya misi pulang kampung? ya karena ini memang acara pulang kampung gw yang ke-4. Biasanya sih gw milih buat pulang naik bis langsung dari Malang-Lampung, tapi karena pengen nyobain naik kereta dan kebetulan sobat gw yang kuliah di Jogja juga mau balik kampung, ya udah deh, gw minta si dia sama abangnya (Arum Widiastuti and Sigit Widianto) buat nungguin gw dan balik bareng naik kereta.
        Emang bisa ke Lampung  naik kereta? Aduh plis deh, ya naik keretanya sampe Statiun Senen doang (enggak sampe Gambir, kenapa? ya mampunya beli tiket #ekonomi :-D ), sudahtu naik bis ke Pelabuhan Merak, dari Merak naik kapal ke Pelabuhan Bakauheni Lampung, dari Bakauheni naik bis lagi ke terminal Rajabasa, nah, dari rajabasa di jemput deh. Oke, langsung ke trip, Sebenernya ini kali pertama gw naik kereta, dan dengan songongnya , gw beli tiket kereta vie online, alasan gw milih buat beli tiket online, karena (online aja bisa kenapa harus ke stasiun?) bener gak? oke, dengan harga tiket IDR 80,000 plus biaya tambahan ATM 7,500. jadi biaya tiket gw Malang-Jogja IDR 87.500 Dengan kereta MalioboroEkspres kalo gak salah ya.
Cuma gunung, gak tau gunung apaan Kawi kayaknya
          Berangkat dari Stasiun Malang jam 7.30 dan kereta gw berangkat jam 8 tepat. langsung cus ke Stasiun Tugu Jogja, sampe sana kira-kiran jam 15-an , lupa lewat berapa, lucunya dijalan gw sama sekali enggak pengen tidur, bawaannya pengen melek aja, ya wajar sih kali pertama naik kereta, dan kesan gw, seru, kenapa seru? karena gak ada macetnya kalo naik kereta, dan gak perlu nungguin lampu merah over all, Seru! :)
Jajanan yang wajib ada di setiap perjalanan gw


              Sampe jogja pun temen gw malah jemput di stasiun Lempuyangan, Nah lo miss comunication, alhasil nunggu lah gw selama setengah jam, sampai di rumah kontrakan langsung gw beli mie ayam yang ada di deket situ, pesennya ribet banget, beda bahasa isyarat dah tu sama mamang yang jualan :( . Selesai makan, gw bebenah, trus cus keliling kota Jogja, soalnya besok udah langsung berangkat ke Senen jam 4 sore. Kami ke Mirota beli bekal buat pulang besok, ke Tugu Jogja, trus main ke Alkid, dan disini juga untuk pertamakalinya gw makan Nasi Kucing! :D . jadi ternyata, isi dari nasi kucing tu, tumis tempe tahu yang dimasak manis dan ada nasinya men, *iyalah namanya juga nasi kucing* dan rasanya, Enak :) . Gak lupa pesen minuman faforit gw, "es teh, esnya dibanyakin, airnya dikiiiiit aja kalo perlu esnya aja. oia, kalo ada esnya yang kecil-kecil ya pak". Di penghujung malem, gw sama kawan gw and abangnya milih buat ke BI deket alun-alun Utara. Lepas dari situ, kami pulang dan tidur.
Alun-alun selatan kalo lagi siang, Alkil (ramenya kalo malem)
Sekitaran st. Malioboro
Ada petunjuknya kok kalo mau ke Water Castle
           Nah, besoknya, pas gw bangun, kawan gw sama abangnya udah gak ada , !! Oh My God. kemana mereka? oh, ternyata mereka keluar pagi buat foto sama vespa kesayangan mereka, sama nyari sarapan, kayaknya sih iya mereka pmit ke gw, cuma gw-nya aja yang gak gubris karena masih asik sama mimpi gw. Setelah mereka pulang dan dan sarapan, gw ngotot ngajakin si kawan gw buat ke Taman Sari, belum pernah kesana sih solanya, sebelum ke taman sari, beli oleh-oleh dulu ke Malioboro, sama Pasar Beringharjo, trus beli tas kamera lanjut deh ke Taman Sari, Sempe sana, ya udah, jadi tukang foto deh :D seneng-seneng lah pastinya, asli asik ni tempat, gak ada matinya kalo lo kagum sama apa yang ada di sini. 
ini, apa namanya , gw lupa men -_-
           Bego-nya, gw masuk dari sisi lain Taman Sari, jadi jalan dulu nyusurin pasar, naik ke rumah penduduk, trus turun lewat trowongan, naik lagi ke rumah penduduk, dan beli tiket masuk IDR 4.000, trus masuk deh ke Water castle nya Taman Sari. Baliknya, nyusurin jalan yang tadi. Lanjut, pulang dari Taman sari, gw sama kawan gw balik ke kontrakan.
     Sebelum pulang, kami mampir ke sodara kakak beradik ini dan lagi-lagi untuk pertamakalinya gw makan ini makanan, apa ya namanya? lotek apa ya? dan ENAK :D kalo di tempat gw ini namanya ketoprak kalik ya, mirip si. Lepas makan dan pamitan, kami di antar ke Stasiun Lempuyangan dan cus deh ke Stasiun Senen.
    Rincian tiket ke Senen dari Lempuyangan tu IDR 95.000 buat 1 sit-nya. dan kami pesennya 1 hari sebelum berangkat nononline. Dijalan, gw cuma bisa makan tidur setelah 2 hari main-main, lagian sekalian ngisi energi ya gak men? toh malem juga, kagak keliatan apa-apa -__-. Banjir men.
       Setelah kerata jalan 7.5 jam an lebih, Sampe juga kami di stasiun senen jam 2-an malem, nah lo, sampe sini kami bingung mau naik apa ke Merak , untungnya ada ibu-ibu baik yang ngasih saran ke kami, kami harus naik apa, ongkosnya berapa, jadi ada panutan biar gak di begoin orang, akhirnya dengan kondisi ujan, kami nungguin ujan reda deh, sambil nungguin pagi :D. 
          Kalo lagi crita soal pulang gini, bawaanya pengen cepet-cepet pulang kampung lagi. boro-boro mau pulang kampung, Ujian Mid Smester aja baru mulai ini, et dah, sabar-sabar aja dah.
Senen di hari Kamis 
Gembel dulu sebentar sambil nungguin ujan sekalian pagi
Sampe juga akhirnya
































             Finally, nongol juga matahari, terang juga ni jalanan, dan kami siap buat lanjut jalan, dan ternyata, banjur men, oh no. Rencana naik busway gatot, akhirnya naik bis ke Kebon Jeruk (IDR 20.000) dan di oper naik bis arah merak, tapi gak papa, toh jam 8 an kami sampe di Pelabuhan Merak, perjuangan banget men, gw yang tadinya cuma tau duduk aja di bis Malang-Lampung, sekarang tau susahnya naik angkutan putus-putus dan ngerasain capenya. Capeknya tu bener-bener to the Max. Untungnya gw jalan bareng orang-orang yang beneran care ama gw, Sahabat gw dari peyek tuh yang cewek. 
             Dari terminal Merak, lo tinggal jalan kaki aja men ke pelabuhan merak, deket kok, tapi lumayan bikin kaki lo gempor sih, iya lumayan. belom lagi nanggepin bapak-bapak yang nawarin travel, pinter-pinter lo aja buat nolak dengan sopan dan gak bikin mereka emosi, atau lo tinggal pasang wajah-wajah gak punya duit :D.
          Kitran kurang 1km lo jalan, udah sampe kok di pelabuhan Merak , Banten. Nah, kalo udah sampe sini, ngapain terusan? yo beli tiket men. dengan IDR 13.000 lo udah bisa ganti update-an pathlo, yang tadinya di Pulau jawa, jadi di Sumatra :D. hehe.
          Jadi, ini tiket nya, Pertanyaan gw tentang tiket ini ialah, "Harus ya yang Dewasa?, kan gw masih 17 tahun ini".
           Ya iya lah dudut, anak kecil kalo badannya gede juga kayaknya dikategoriin dewasa, usia 12 tahun ke atas udah dalam kategori dewasa. Padahal, di ajak curhat aja masih belum bisa, *ah ela, malah curhat -_-*
Aminah Arifiati, Arum Widiastuti, Sigit Widianto
Itu, Pilih yang kapalnya belum ada biar bisa poto-poto dulu -_-#

     Dari Merak-Bakauheni lo bisa tidur buat nunggu tu kapal sampe di pelabuhan, oia, saran aja men, mending lo beli makan-minum sebelum naik kapal deh, mahal men. Nanggepin gambar di samping yang ini <---, tolong jangan dikatain dekil ya, maklum kaga mandi men, ya you know lah, bagian mula apalagi , dekil to the max men!.
         Setelah sampai, gak nunggu waktu lama, lo bisa dapet bis yang ke Terminal Rajabasa, lo juga bisa milih bis kelas apa yang mau lo naikin, atau lo mau manpir dulu ke Menara Siger Lampung. terserah lo.
      Kalo gw sih milih langsung pulang, (IDR 23.000) lo udah langsung busa ke Rajabasa dengan bis kelas AC ekonomi, lah, yang sitnya 2-3 itu loh, ekonimi kan namanya?
          Sampe tengah jalan, gw minta orang tua gw buat jemput, soalnya kalo lebih dari jam 5 sore, kendaraan ke arah Kota Metro uda jarang, ada juga tapi mahal dan ribet. Sambil nunggu jemputan, nyariin mamang somay enggak ada, ya uda deh, gembel lagi di depan terminal.
Happiest trip with my best friends
Lagi-lagi jajanan wajib ada.
Duduk, sambil nunggu jemputan
                  Makan waktu 1.5 sampe 2 jam dari Terminal Rajabasa ke kampung gw (lah yo, ketauan deh asalnya dari kampung). sebelum sampe kampung, pas lewat Kota Metro, gw mampir dulu ke mamang somay langganan (biasanya jualan di deket SMP Xavetius Metro) langganan juga gak lorang?, kalo udah malem belinya dirumah mamangnya gitu. Dan akhirnya, sampelah gw di rumah. 
         Perjalanan yang berat buat gw, tapi seru, kapok juga si, tapi pengen lagi, itung-itung pengalaman. Didedikasiin buat lo yang belum pernah nyoba hal sederhana tapi sebenernya seru kalo lo rasain dengan rasa syukur. (Malang-Jogja-Lampung, 7,8,9 Januari 2014)

3 komentar:

  1. uwaa keren mi.. SEMUAnya
    sering-sering lagi update yang seru"..
    foto"blogmu aku suka :)

    BalasHapus
  2. waahhh kece membantuku buat bisa sampe ke Lampung thanks yah haseehh....

    BalasHapus